Powered by Blogger.

Tips Wawancara Melamar Kerja

Diposkan oleh Wahyudi Hamka |


Tips dan Trik OnlineSukses interview adalah impian semua orang yang menjalaninya khususnya bagi pelamar kerja. Interview merupakan salah satu tes dan syarat untuk lolos dalam dunia kerja atau melamar pekerjaan. Tetapi begitu banyak orang yang gagal dalam tes ini sehingga mendorong saya untuk menuliskan beberapa tips yang bisa digunakan sebagai senjata untuk bisa sukses interview.

Mari kita lihat seperti apa yang akan anda persiapkan untuk menghadapi Interview;

1. Ceritakan tentang Diri anda.

Ketika anda disuruh untuk menceritakan tentang diri anda. Di sinilah anda akan berhadapan dengan diri anda sendiri. Apa yang harus anda lakukan? Berikanlah jawaban singkat, padat dan optimis. Tidak sekedar jawaban, tetapi buatlah diri anda semakin rileks untuk berbicara di depan penguji.

Apa tujuan menceritakan tentang diri anda? disinilah anda akan dilihat tentang kepribadian anda karena seringkali apa yang dituliskan di surat lamaran anda sangat berbeda ketika anda berhadapan dengan orang. Solusinya banyak berlatih untuk berbicara.

2.  Hindari Pertanyaan Jebakan.

Disetiap interview atau wawancara pastinya akan ada pertanyaan jebakan. Oleh karena itu, jangan menceritakan pengalaman kerja atau tempat kerja anda yang lama yang berbau negatif misalnya "Bos saya dulu galak, selalu memaki saya" lagi pula gajinya sedikit". Jawaban seperti ini tidak pantas diucapkan di hadapan penguji. Jika ini terjadi, maka anda akan diserang dengan pertanyaan yang sifatnya menyudutkan anda misalnya "Perusahaan kami juga bosnya galak. gajinya tidak tinggi seperti yang anda harapkan".

Ini salah satu jawaban yang positif misalnya "saya ingin memiliki pengalaman yang lebih luas, pekerjaan yang teratur dan terjadwal. Mengenai gaji, sebenarnya di tempat kerja yang lama tak ada masalah".

3. Tunjukkan semangat dan bahasa tubuh.

Semangat sangat penting untuk menunjukkan bahwa anda adalah orang yang optimis dan rajin untuk bekerja. Bahasa tubuh seperti halnya kontak mata dengan penguji menunjukkan bahwa anda adalah orang yang jujur, percaya diri dan menyenangkan. Seringkali anda tersenyum untuk menunjukkan kalau anda adalah orang yang ramah. Inilah yang dibutuhkan perusahaan.

4. Penampilan.

Penampilan memang bukan nomor satu tetapi menjadi pendukung yang ikut menentukan. Oleh karena itu, selain berpakaian rapi, tidak mencolok atau banyak pernik. Usahakan berpakaian yang serasi antara baju dan celana anda.

Itulah sedikit tips dari saya. Semoga bermanfaat,,,!!

0 komentar
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Follow

Banner Teman